Cahaya Suci pada Pintu-Pintu Surga ( Adab Bertasawuf dalam bingkai Syar’i )

4 Nov

cahaya suciJudul Buku : Cahaya Suci pada Pintu-Pintu Surga ( Adab Bertasawuf dalam bingkai Syar’i )

Penulis : Abdul Wahab Sya’rani

Penerbit : Risalah Gusti

Harga : Rp 110.000,00

Seorang Sufi yang sebenarnya adalah orang alim yang mengamalkan ilmunya secara ikhlas dan mengutamakan kepentingan orang lain disbanding diri sendiri. Maka ilmu tasawuf tidak lain henyalah ilmu untuk mengetahui bagaimana agar bisa sampai pada tingkatan beramal secara ikhlas. Karenanya, seseorang yang mengamalkan ilmunya dengan niat dan cara yang ikhlas, maka dia adalah seorang Sufi yang sebenarnya.

Asy-Sya’rani pada zaman itu sudah mencatat banyak orang yang menisbatkan diri dan mengaku-aku kaum Sufi, bahkan juga banyak “oknum Sufi” yang berusaha mendirikan perguruan tarekat (al-Masyikhah), padahal mereka belum memenuhi syarat-syarat menjadi guru dan tidak mendapatkan izin dari guru sebelumnya. Mereka tidak lain hanyalah mengincar kepemimpinan (ri’asah) dan ujungnya adalah hubbud-dunya.

Abdul-Wahab asy-Sya’rani, merupakan penulis Sufi yang amat produktif, diantara tulisannya adalah buku ini, Lawaqih al-Anwar al-Qudsiyyah fi Ma’rifati Qawa’id ash-Shufiyyah, yang secara tuntas mengupas tentang adab-adab kaum Sufi, adab murid dengan guru dan bagaimana criteria guru (syekh) yang benar, yang mempu mengantarkan murid ke hadirat Allah, sehingga murid dituntut beradab dengannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: